Profil Hutan Wakaf YPM


Hutan Wakaf YPM, berlokasi di Desa Ngembat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, memiliki luas 1,6 hektar dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Muslim (YPM) Sidoarjo. Didirikan pada tahun 2022 oleh inisiatif YPM Sidoarjo, hutan ini bertujuan untuk menciptakan ruang hijau yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta untuk mendukung pendidikan lingkungan bagi para siswa YPM.

Kegiatan:

Hutan Wakaf YPM memiliki berbagai kegiatan, di antaranya:
  • Penanaman pohon di Hutan Wakaf YPM telah ditanami dengan berbagai jenis pohon, seperti trembesi, beringin, sukun dan nangka.
  • Penanaman pohon di Kawasan mata air di luar Kawasan Hutan Wakaf YPM, yaitu di Kawasan Perhutani daerah mata air lak talang seluas 1ha.
  • Tanaman eksiting seperti jati, mahoni dan durian, untuk durian sudah panen dan menghasilkan nilai ekonomi yang langsung di serahkan ke Masyarakat ngembat melalui pokja.
  • Pendidikan lingkungan: Sekolah Hutan Wakaf YPM digunakan sebagai tempat edukasi bagi para siswa YPM dan umum tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
  • Pemberdayaan Masyarakat melalui kolaborasi dengan Universitas (Umaha Sidoarjo) dalam peningkatan ekonomi melalui kopi, dll

  • Manfaat :

    Hutan Wakaf YPM memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Dalam bidang pendidikan, hutan ini berperan sebagai sumber pembelajaran lingkungan bagi siswa YPM dan masyarakat umum, menegaskan pentingnya menjaga kelestarian alam. Selain itu, hutan ini juga menjadi arena untuk mengembangkan karakter siswa, seperti kepemimpinan, kerjasama, dan kepedulian terhadap lingkungan. Di sisi ekonomi, Hutan Wakaf YPM memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi lokal dengan menciptakan peluang pekerjaan di sektor jasa lingkungan, penjualan produk hasil hutan, dan pelatihan keterampilan. Selain itu, hutan ini juga memberdayakan masyarakat sekitar dengan melibatkan mereka dalam pengelolaan hutan. Secara sosial, hutan ini meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan membangun komunitas yang solid, tempat masyarakat dapat berkumpul dan beraktivitas bersama. Dalam aspek kesehatan, Hutan Wakaf YPM menyediakan ruang terbuka hijau untuk rekreasi dan olahraga, serta membantu mengurangi polusi udara dan suara, yang berdampak positif pada kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

    Selain manfaat-manfaat di atas, Hutan Wakaf YPM juga dapat memberikan manfaat lain, seperti:
  • Penanggulangan bencana alam: Hutan Wakaf YPM dapat membantu menanggulangi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.
  • Pelestarian budaya: Hutan Wakaf YPM dapat menjadi tempat untuk melestarikan budaya lokal.

  • Secara keseluruhan, Hutan Wakaf YPM memiliki banyak manfaat sosial yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

    Pengelola

    Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM)

    Sidoarjo